Wednesday 15 January 2014

Cara test manual saat beli HP Android

19:11



Saat anda membeli HP android baru (sebenarnya tips ini berlaku ga cuma untuk HP android aja sih hehe), sebaiknya di test dulu itu HP saat membeli, karena dari sekian banyak produksi suatu HP terkadang ada yang cacat produk, seperti apa cara untuk mengetahuinya apakah ada suatu kelainan di HP yang akan anda beli dan bagaimana langkah-langkahnya?

1. Cek kelengkapan boks dan kita lihat spek apa saja yang tertera dan cek kita dapat apa saja seperti misal charger dan earphone / headset
2. Selanjutnya tentu mesti kita nyalakan dulu HPnya :D
3. Cek layar ada dead pixel atau tidak (seperti bintik hitam atau putih di layar) dengan cara nyalakan kamera dan arahkan ke lampu (cek bintik hitam) dan juga tutup dengan tangan hingga layar jadi gelap (cek bintik putih)
4. lalu tes kamera untuk memotret (sekaligus tes LED Flashnya nyala atau tidak (bila ada)) dan sekalian rekam video, jangan lupa tes kamera depan bila ada
5. Untuk speakernya kita test nyalain musik dan sekalian test earphone / headset bawaannya nyala atau tidak (jadi sekalian test apakah colokan jacknya bermasalah atau tidak)
6. Saat menyalakan musik sekalian cek tombol volume up dan down apakah berfungsi semua
7. Tes nyalakan / memutar video lancar tidak
8. Tes juga rekam suara
9. Tes GPS apakah bisa jalan atau tidak
10. Cek bluetooth, wireless, sekalian browsingnya lancar tidak, bila ada NFC, DLNA, dll tes sekalian
11. Cek TV tuner atau Radio FM (bila ada)
12. Untuk test sensor apa saja yang jalan, bisa download Android Sensor Box
13. Jangan lupa test chargernya berfungsi atau tidak

Mungkin saat anda melihat ini langsung terpikir banyak sekali ya dan berpikir bakal marah nih penjualnya, tetapi tentunya bila dia penjual yang baik janganlah marah karena pembeli adalah raja, dan tentunya akan menguntungkan juga bila sang pembeli puas dia pasti akan merekomendasikan toko sang penjual kepada saudara atau temannya.

Sekian dulu dari saya, selamat berburu HP ya! maaf bila ada kekurangan tolong ditambahkan di kotak komentar :D

Ditulis oleh

Androidism adalah blog yang berisi seputar informasi Android dan teknologi lainnya, tetapi tentunya kami lebih fokus kepada Android dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Androidismo. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top